3.8.10

Pulang Kampung

Sudah hampir 1thn aku tidak pulang kampung, walaupun niatan u/ pulang kampung selalu ada & u/ tahun ini aku rencanakan menjelang puasa.

Pagi itu hari kamis ketika telpon berdering sedang aku masih bersiap mengajar, ibu meneleponku & tidak seperti biasanya memintaku u/ pulang kampung. Aku putuskan malam minggu pulangnya.

Sebenarnya dalam hati kecil ini telah berjanji u/ tidak akan pulang sebelum lulus, namun mau dikata apa ternyata skripsiku tidak selancar perkiraanku. Aku tidak mau menyalahkan kegiatan KKN Part II di Tangerang, dosen pembimbing yg masih junior hingga tak melakukan pembelaan ketika sidang hasil, atau mencari segudang alasan lain. Yg jelas faktor kegagalan lulus 4thn adalah dari diriku sendiri walaupun faktor dari luar juga dominan.

Aku teringat perjuangan ketika harus PKL & mencari judul u/ seminar proposal, targetku adalah lulus 3,5thn. Bolak-balik aku ke ketua konsentrasi u/ mengajukan judul & akhirnya ada salah satu variabel diterima sedang variabel lain masukan darinya. Ok. Aku datang pada hari H eh... ternyata namaku tidak tercantum dalam daftar seminar proposal karena aku belum daftar. Ok, kemudian aku daftar, namun takdir berkata lain karena keterlambatanku harus dibayar mahal u/ tidak bisa lulus 3,5thn. Perjuangan seminggu+demam mengerjakan proposal penelitian gagal.

Aku putuskan u/ menghibur diri dengan mengikuti KKN Part I di Lampung Selatan. Lumayan dapet 4sks dengan nilai A, pengalaman petualangan+mengajar luar biasa, sertifikat +uang saku yg lumayan. Aku tidak menyesal mengikuti program ini.

Berikutnya insiden terjadi ketika judul proposalku sama dengan temen sekelas, walaupun secara hak aku lebih berhak karena aku membuatnya pertama kali tapi aku lupa tidak mendaftarkannya di ketua konsentrasi. Akhirnya aku putuskan u/ mengganti judul proposal dengan pertimbangan judul tersebut sudah ada 114 judul yg sama di daftar skripsi perpustakaan pusat. Temenku padahal telah mengganti salah satu variabel agar tidak sama denganku tapi aku memutuskan u/ mencari judul yg belum pernah ditulis sebagai skripsi di perpustakaan pusat. Dengan judul yg baru aku sangat percaya diri, selain referensi buku luar negeri yg berhasil aku temukan, fokusku u/ skripsi juga lebih besar karena hanya mengambil 1MK dengan 3sks. Hingga kemudian tawaran KKN Part II datang dari LPM dan aku terima. Proposal lancar. Proses pengerjaan juga lumayan lancar. Sidang Hasil diluar dugaanku, pembantaian terjadi hingga aku harus ganti judul walaupun diluluskan di Sidang Hasil. Judul yg baru sebenarnya statistiknya lebih mudah, namun data yg diperlukan luar biasa susah didapatkan. Hingga aku endapkan sementara u/ pulang kampung.

Oya pulang kampung kali ini menjadi berkesan jika aku ingat 5thn lalu aku pergi ke Jakarta dengan harapan bisa kuliah, dan sekarang aku berharap keluar kuliah alias lulus. 5thn di Jakarta bukan waktu yg sebentar, kerasnya perjuangan merasakan kuliah sedikit banyak membentuk kepribadianku. Walaupun di kampung cuman 2 hari, sudah cukup bagiku u/ mulai melanjutkan perjuangan hidup ini. Nenek kakekku sudah mulai menua. Aroma kematian sudah ada dan diucapkan mereka sendiri. Aku hanya berdoa agar Allah berkenan mematikan mereka dengan khusnul khotimah, apa artinya lama2 hidup jika tidak ibadah. Selain itu aku harus mulai memikirkan kehidupan setelah kuliah. Kapasitas menuntut ilmu+mencari karunia Allah juga harus ditingkatkan.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds